3 Tren Teknologi yang Siap Mengubah Bisnis dalam Dekade Berikutnya

Ringkasan :

Sebanyak tiga jenis teknologi baru siap untuk mengubah setiap aspek bisnis dalam dekade berikutnya: teknologi kuantum, kecerdasan eksponensial, dan komputasi ambient. Catatan lapangan dari masa depan ini dapat memberi pemimpin bisnis pandangan strategis pada dekade mendatang untuk membantu mereka merancang masa depan teknologi.

 

Teknologi kuantum

“Saya pikir saya dapat dengan aman mengatakan bahwa tidak ada yang benar-benar memahami mekanika kuantum,” peraih Nobel Richard Feynman pernah berkata.

Solusi bertenaga kuantum mengeksploitasi sifat unik partikel subatom untuk memecahkan masalah yang tampaknya sulit diselesaikan menggunakan fisika alih-alih matematika. Quantum mewakili lompatan besar di atas digital seperti digital di atas analog.
Sebagai kuantum R&D berbelok dari R ke D, perlombaan di antara raksasa teknologi, pemerintah, dan startup tahap awal akan segera menghasilkan aplikasi komersial.

Daya tarik Quantum untuk teknisi jelas, tetapi para pemimpin bisnis harus mempertimbangkan potensinya untuk memberikan keunggulan kompetitif yang spesifik terhadap kebutuhan bisnis yang berbeda. Kerugiannya pertama-tama akan bertambah bagi mereka yang mengetahui sebelumnya masalah mana yang mereka butuhkan untuk dipecahkan secara kuantum.

 

Kecerdasan Eksponensial

Secara tradisional, solusi intelijen bisnis yang paling banyak diadopsi adalah deskriptif: menemukan dan memunculkan korelasi tersembunyi dalam kumpulan data. Yang selama 15 tahun terakhir terlihat munculnya analitik prediktif: algoritme yang dapat memperkirakan lebih lanjut apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

Organisasi berbasis AI telah menggunakan kecerdasan mesin untuk membuat keputusan yang meningkatkan atau mengotomatiskan pemikiran manusia.
Peningkatan kecerdasan generasi mendatang ini—dari analis ke prediktor hingga aktor—akan semakin mengakses data perilaku manusia dalam skala besar, sehingga lebih memahami dan meniru emosi dan niat manusia.

Masukkan usia AI “afektif” atau “emosional” ke mesin, sebuah senyuman, jeda yang bijaksana, atau pilihan kata adalah semua data yang bisa, secara agregat, membantu organisasi mengembangkan pemahaman yang lebih holistik tentang pelanggan, karyawan, warga, dan siswa. Organisasi datanya selanjutnya dapat menggunakannya untuk mengembangkan kelas sistem otomatis yang menghubungkan titik-titik di antara keuangan mereka dengan lebih baik, sosial, dan tujuan etis.

Untuk perwakilan layanan pelanggan, pengasuh, agen penjualan, dan bahkan aktor panggung, kasus bisnis untuk mesin kreatif ini menarik. Tetapi sangat penting bagi para pemimpin untuk menyadari pentingnya berkomitmen untuk AI yang dapat dipercaya praktik untuk mengurangi risiko bias, baik secara diam-diam maupun eksplisit, dalam data pelatihan, model, dan sistem yang dihasilkan. Sebagai penulis Teknologi Berjangka, laporan terbaru dari Deloitte dan Forum Ekonomi Dunia, begini: “Kita harus mendidik anak-anak digital kita dengan baik, melatih mereka untuk melakukan seperti yang kita katakan, belum tentu seperti yang telah kita lakukan.”

 

Pengalaman Sekitar

Masa lalu interaksi manusia-komputer selama bertahun-tahun dapat diringkas sebagai jumlah layar yang semakin besar. Dengan perangkat seluler yang kuat dan jaringan canggih yang sekarang ada di mana-mana di tempat kerja dan rumah kita, kita benar-benar dikelilingi oleh informasi digital.
Pengalaman ambient membayangkan masa depan di luar kaca ketika interaksi kita dengan dunia digital terjadi lebih sedikit melalui layar daripada melalui intuitif, harga terjangkau yang lebih alami untuk memenuhi kebutuhan kita.

Kemajuan terbaru dalam asisten digital dan speaker pintar membuka jalan. Antarmuka bahasa ini umumnya berbicara hanya ketika diajak bicara dan dengan patuh merespons. Berikutnya, perangkat akan mengantisipasi niat kita dan menawarkan bantuan berdasarkan pemahaman mereka tentang konten dan konteks.

Sisi lain dari koin: realitas tak terbatas. Realitas maya (VR) bukan baru, tetapi perusahaan semakin beralih ke VR sebagai alat alih-alih mainan untuk mendukung fungsi yang beragam seperti pelatihan, membangun tim, dan mengemudi truk operasi jarak jauh.
Pengalaman ambient ini dapat mendorong kesederhanaan, mengurangi gesekan dalam pengalaman pengguna. Seiring berkembangnya teknologi, suara, sikap, atau pandangan sekilas bisa menandakan niat dan memulai pertukaran informasi penting bisnis. Pramutamu digital masa depan dapat menangani rutinitas yang semakin kompleks di rumah dan kota pintar—tanpa login atau langkah tradisional lainnya untuk aktivasi.

 

Pandangan ke depan adalah 80/20

Tiga catatan lapangan dari masa depan ini bukanlah peringatan untuk membatalkan rencana hari ini demi apa yang akan terjadi selanjutnya. Lebih tepatnya, mereka adalah penyemangat untuk terus maju.
Investasi hari ini di cloud, data, dan pengalaman digital meletakkan dasar bagi peluang dalam teknologi kuantum, kecerdasan eksponensial, dan pengalaman sekitar.
Penelitian menunjukkan bahwa organisasi terkemuka menempatkan 80 persen dari anggaran teknologi mereka untuk investasi yang ada dan 20 persen menuju teknologi baru. Dengan menjaga mata mereka pada masa depan dan kaki mereka di masa sekarang, organisasi dapat mulai membuat strategi maju teknologi hari ini—sehingga mereka dapat bersaing, memimpin, dan memajukan bisnis mereka besok.

 

3 Tren Teknologi yang Siap Mengubah Bisnis dalam Dekade Berikutnya
Oleh Mike Bechtel dan Scott Buchholz

  • business intelligence
  • business intelligence analyst
  • business intelligence engineer
  • business intelligence jobs
  • business intelligence software



    3 Tren Teknologi yang Siap Mengubah Bisnis dalam Dekade Berikutnya